Posted by : Yoga Selasa, 25 Agustus 2015


RPG, alias role playing game, mungkin genre ini rasanya ga asing lagi buat kalian ya sobat gamer. Nah, RPG ini punya cukup banyak lho percabangannya, entah itu turn-based RPG, action RPG, MMORPG yang membutuhkan koneksi internet, sampai rougelike RPG. Lho apa itu rougelike RPG?

Walaupun disebut rouge, genre ini tidak menampilkan RPG khusus class rouge lho, hehe. Istilah rougelike RPG ini mengacu pada gaya permainan khas, yang kental dengan nuansa random dan eksplorasi map.

Sejarah rougelike RPG

Berbicara mengenai genre game ini, kayaknya kalian harus kembali ke era 80an. Di mana pada saat itu dikenal sebuah game dengan judul simpel namun menarik, yakni Rouge. Pertama kali dirilis pada tahun 1980, untuk Unix, game garapan Michael Toy dan Glenn Wichman ini bakal menjadi insipirasi dan cikal bakal RPG modern lainnya. Termasuk juga seri Diablo yang kental dengan unsur eksplorasi dan dungeon crawlingnya itu.


Sebetulnya, apa sih game Rouge ini? Dalam permainan ini pemain akan mengambil peran sebagai petualang, dan memasuki sebuah gua bawah tanah (dungeon). Di dalam gua ini, sarat akan jebakan, monster, sekaligus aneka item ajaib yang misterius. Tujuan akhir pemain adalah mencari Amulet of Yendor, dan kembali keluar dengan selamat.

Game Rouge ini memiliki interface dan grafis yang simpel. Namun game ini punya dungeon, dengan tata letak layaknya labirin. Di dalam tiap ruangan ini, terdapat monster dan item yang diletakan secara acak (random). Selain itu tata letak dungeon juga selalu diacak, sehingga kalian ga pernah memasuki tempat yang sama dua kali.

Karakteristik rougelike

Setelah game Rouge dilempar ke pasaran, tidak lama berselang munculah aneka game-game lainnya dengan gaya permainan serupa. Hal ini yang akhirnya menegaskan beberapa karakteristik khas dari genre rougelike, yang membuatnya sangat berbeda dengan RPG-RPG lainnya.

Random adalah faktor utama yang menjadi pusat dari segalanya. Pemain tidak akan menemukan area yang memiliki layout sama, hingga peletakan monster dan itemnya juga akan diacak. Pemain akan diajak untuk mengeksplorasi tiap jengkal dungeon, dan pastinya harus berhati-hati. Sebab banyak jebakan yang juga diletakan di sana. walaupun begitu, tidak jarang pemain akan menemukan ruangan yang penuh dengan monster, namun di ruangan lainnya tidak ada sama sekali.


Tiap monster akan menjatuhkan, atau tidak memberikan barang sama sekali. Entah itu senjata, sampai potion. Oh ya, omong-omong soal potion, barang ini juga punya aturan main yang berbeda. Misalnya saja dalam ronde permainan yang pertama, potion biru artinya healing. Namun bisa saja saat kalian memulai permainan baru, potion biru itu menjadi racun.

Salah satu hal lainnya yang membuat rougelike ini menantang, tentu saja aspek permanent death. Yup. Jika karakter kalian mati, maka semua progess akan dihapus. Artinya kalian harus mengulang lagi dari awal. Rougelike juga jarang mempunyai sistem save layaknya RPG pada umumnya. Beberapa rougelike memang menerapkan sistem save, namun hanya pada aspek-aspek tertentu saja. Misalnya pada Enchanted Cave, salah satu game rougelike, pemain bisa tetap menyimpan rare item setelah karakternya mati. Sehingga rare item tersebut bisa dipakai saat memulai permainan baru.

Tertarik mencoba rougelike RPG?

Rougelike RPG mungkin terkesan keras dan sulit, apalagi dengan bayang-bayang permanent deathnya itu. Game ini mungkin terlihat tanpa ampun, namun tetap memiliki pesonanya tersendiri, terutama karena aspek random yang dimilikinya. Pemain akan penasaran dan terus mencoba, karena terasa tertantang menaklukan game ini. Mungkin pada satu titik setelah mengalami kekalahan terus menerus, kalian malah akan berkata Oke! Kali ini pasti bisa menang! dan tetap mencoba.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

This Blog was made by Yoga All Rights Reserved © 2012.. Diberdayakan oleh Blogger.

Donate

Donate Bitcoin

Popular Posts

Clock

Visitor

Blogroll

- Copyright © Kaibo - Powered by Blogger -